Selasa, 06 Mei 2014

Tanda-Tanda Kekasih Selingkuh di Sosial Media

Beberapa pakar setuju bahwa melakukan flirting di media sosial bisa disebut sebagai perselingkuhan. Dalam penelitian yang dilakukan oleh pakar hubungan dan penulis buku The Monogamy Myth' Peggy Vaughan, sebanyak 56 persen hubungan online berubah menjadi perselingkuhan dalam kehidupan nyata hanya dalam waktu satu minggu.

Fakta tersebut diperkuat oleh penelitian lainnya dari Shirley Glass, penulis 'Not Just Friends' yang menemukan bahwa ada sekitar 82 persen orang berselingkuh dengan cinta pertamanya yang mereka temukan kembali di Facebook. Menurut Psikolog Klinis Dewasa Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi., intinya jika ada yang ditutupi pasangan dan hubungan telah dipenuhi dengan kebohongan, maka bisa menjadi bentuk perselingkuhan. Misalnya saja, tiba-tiba password akun pribadinya diubah tanpa sepengetahuan Anda, padahal sebelumnya saling berbagi password.

"Biasanya ketika sudah ada kebohongan, rahasia, dikategorikan perselingkuhan karena kalau nggak ada apa-apa kenapa dia merasa perlu menutupi itu," tutur Wulan.

Terkadang, Anda tidak sadar bahwa pasangan sedang menaruh perhatian kepada orang lain melalui akun media sosialnya. Agar tidak tahu belakangan, kenali ciri-ciri pasangan mulai selingkuh di social media.

1. Terlalu Sering Online
Dia bisa lupa makan dan minum hanya demi berhubungan dengan teman-temannya melalui chatting online atau membalas mention-mention di Twitter, Instagram atau Path. Di mana pun dia berada, BBM, LINE atau seluruh social medianya selalu online. Mungkin Anda bertanya-tanya apa yang membuat si dia begitu ketagihan untuk online? Segera selidiki penyebabnya, sebelum terlambat.

2. Perhatikan dengan Siapa Dia Sering Melakukan Percakapan
Jika si dia sering mengirim dan membalas komentar dengan satu wanita, tidak ada salahnya menaruh curiga. Tapi sebelum menuduhnya, cari tahu dulu siapa orang yang sering bercakap-cakap dengan pasangan di media sosial itu. Mungkin saja hanya teman lamanya.

"Kalau kita lihat page Facebook-nya saja agak susah, tapi kita bisa lihat dari intensitas mereka berinteraksi sebenarnya, misalnya setiap ada status selalu dikomentarin, balas-balasan wall, mention-mention-an," ungkap psikolog Wulan Ayu.

3. Mencoba Menyembunyikan Gadget Bila Anda Di dekatnya
Sikapnya tersebut bisa menjadi tanda bahwa dia telah menyembunyikan sesuatu. Seperti yang sudah diungkapkan Wulan, jika ada sesuatu yang disembunyikan bisa menjadi tanda perselingkuhan. Bisa jadi si dia tengah menyembunyikan percakapan yang terjadi melalui pesan singkat atau message yang ada di Path, Facebook atau Twitter.

4. Memiliki Panggilan 'Sayang'
Salah satu tanda pasangan mulai selingkuh di social media adanya panggilan tertentu terhadap seseorang. Panggilan tersebut tidak harus 'cinta', 'sayang', dan sebagainya, tapi bisa juga sebutan 'aku-kamu', padahal biasanya 'gue-elo'.

5. Perubahan Sikap
Kata hati seringkali menunjukkan kebenaran. Jika biasanya dia tidak ragu mengumbar kemesraan dengan Anda di akun media sosialnya, kini hal tersebut tidak pernah dilakukannya lagi. Mungkin itu ada kaitannya dengan orang lain. Hal ini bisa merupakan tanda dia selingkuh. Ada seseorang di social media yang tidak ingin dia sakiti perasaannya.

"Kita lihat semua dari pola, ada sesuatu dari pola itu yang berubah berarti ada sesuatu yang sedang terjadi," ujar Wulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar